Cara Membersihkan File Sampah di HP Android

12.38
Abhiesa - Halo semuanya, pada kesempatan pertama kali ini saya akan memberikan tutorial dan tips mengenai cara membersihkan file sampah di hp android dan berkerja dengan baik untuk kalian pengguna smartphone semua type android. Pada zaman sekarang ini hampir semuanya sudah mempunyai hp atau handphone terutama pasti pernah menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di playstore. Terkadang ketika sudah mulai bosan dengan aplikasi itu, langsung unistall tanpa kita ketahui semua data yang terhapus meninggalkan cache/sampah yang membekas pada internah. Oleh karena itu harus dibersihkan hingga ke akar-akarnya agar tidak menumpuk begitu banyak.

Cara Membersihkan File Sampah di HP Android

Bagi sebagian kalian yang belum tahu pembersih sampah android, folder sampah di android atau cache akan tersimpan pada lokasi internal. Apabila semua cache tersebut tidak dibersihkan tentu lambat laun akan terjadi penumpukan yang berlebihan dan akan sangat berdampak buruk pada performa smartphone android, contohnya terjadinya lemot/lambat dalam mengakses hp android.

Cara Membersihkan File Sampah Android Tanpa Aplikasi

Cara pertama kalian bisa melakukan dengan tanpa aplikasi, secara manual akan lebih mudah tanpa install aplikasi android pendukung. Pada tips ini akan membahas cara menghapus cache di android dengan mudah dan cepat.

1. Masuk ke Setting → Pilih Storage/Penyimpanan

Cara Membersihkan File Sampah di HP Android

2. Akan muncul list informasi semua data pada internal dan eksternal memori termasuk cache.

Cara Membersihkan File Sampah di HP Android

3. Pilih menu cache tersebut, setelah itu akan tampil notifikasi untuk melakukan penghapusan data tersebut.

Cara Membersihkan File Sampah di HP Android

4. Tekan OK dan tunggu hingga sampai proses hapus cache selesai.

5. Jika sudah selesai selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan restart pada smartphone.

Catatan Penting! Cara diatas memang sangat ampuh akan tetapi sangat tidak direkomendasikan karena bisa saja anda bisa menghapus data di internal yang masih terpakai. Kalo kalian tetap mau melakukannya silahkan saja, terimakasih :)

Cara Membersihkan File Sampah Android Dengan Aplikasi

1. Cache Cleaner +
Cache Cleaner + adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk membersihkan cache memori android. Sesudah kalian membuka aplikasi cache cleaner + ini, dilayar akan terlihat seluruh aplikasi yang mempunyai cache memori dan tak mempunyai cache memori. Untuk cara membersihkannya, kalian cuma perlu pilih icon recycle disamping kanan atas layar hp. Sesudah di tekan dengan otomatis cache memori akan terhapus.

Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.isnowstudio.cachecleaner&hl=en

2. The Cleaner
Aplikasi akan mengoptimasi memori untuk membebaskan memori sehingga smartphone android kalian bisa memperoleh performa yang lebih optimal. Untuk cara membersihkan cache di android dengan menggunakan aplikasi ini caranya cukup mudah, buka aplikasi the cleaner kemudian ceklis opsi aplikasi, games atau file yang lain yang akan kalian bersihkan. sesudah itu kalian pilih delete, sehingga cache memori di android kalian akan terhapus.

Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.liquidum.thecleaner&hl=en

3. Clean Master
Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi clean master? aplikasi yang sudah banyak penggunanya ini mempunyai fungsi yang sudah disebutkan diatas yaitu membersihkan semua cache yang ada pada ponsel android hp oppo maupun samsung. Aplikasi ini mempunyai fitur-fitur yang baik dan mudah untuk digunakan, kalian hanya perlu membuka aplikasi clean master ini lalu melakukan scanning terhadap cache sampah di smartphone android. Setelah scanning selesai, kalian hanya tinggal pilih opsi clean pada aplikasi dan otomatis aplikasi akan menghapus semua cache yang sudah ditemukan.

Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleanmaster.mguard&hl=en

Demikianlah tips pertama kali ini tentang Cara Membersihkan File Sampah di HP Android, terdapat dua cara yang saya berikan dari tanpa aplikasi hingga menggunakan aplikasi pembersih hp android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semuanya, tetap stay dan tunggu artikel terbaru. Terimakasih..

Artikel Terkait

First

1 komentar:

Write komentar